Upgrade/downgrade IOS di Cisco

Published 29 May 2011 by manik0ask

Nah, kali ini aku mau sharing cara upgrade/downgrade IOS nih..
Walaupun kerjaanku lebih banyak berkutat di staging dan ga pernah kebagian untuk upgrade/downgrade IOS, makanya..
Pas kemarin disuruh staging, masukin config, n downgrade IOS, aku sempet2in buat ngcapture caranya.
Semoga bermanfaat…

 

Step2nya:

1. periksa version nya (sh ver) -> untuk memastikan IOS apa yg ada sebelumnya

2. sh flash -> buat ngeliat berapa sisa memory yg ada, sesuaikan dengan besarnya memory yg dibutuhkan IOS yg baru berapa.

contoh tampilannya:

Directory of flash:/

2  drwx         512   Mar 1 1993 00:08:25 +00:00  c2960-lanlitek9-mz.122-50.SE4

27998208 bytes total (16802304 bytes free)

3. Aktifin salah satu port biar bisa ngakses TFTP servernya yah..
contohnya:

Switch#conf t

Switch(config)#int vlan1
Switch(config-if)#ip add 10.1.1.1 255.255.255.0

Switch(config-if)#no sh

oya, buat ngakses TFTP bisa pake software 3cdaemon.

Jangan lupa buat nyetting IP LAN  di laptop ato PC mu yang subnetnya sama dengan port Cisco yang udah kamu setting tadi yah (misalnya 10.1.1.2 255.255.255.0).

4. coba ping ke TFTP server -> memastikan udah terjalin koneksinya, kalo udah berhasil, baru tahap utamanya.

contohnya:

Type escape sequence to abort.
Sending 5, 100-byte ICMP Echos to 10.1.1.2, timeout is 2 seconds:
!!!!!
Success rate is 100 percent (5/5), round-trip min/avg/max = 1/203/1006 ms

5. lakuin step ini:
Switch#copy tftp: flash:
Address or name of remote host []? 10.1.1.2 (IP address TFTP servernya)
Source filename []? c2960-lanlite-mz.122-44.SE1.bin (nama file IOS nya)
Destination filename []? c2960-lanlite-mz.122-44.SE1.bin (nama yg mau di taruh di Cisco nya)
Accessing tftp://10.1.1.2/c2960-lanlite-mz.122-44.SE1.bin…
Loading c2960-lanlite-mz.122-44.SE1.bin from 10.1.1.2 (via Vlan1): !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
[OK – 5578907 bytes]

5578907 bytes copied in 77.637 secs (71859 bytes/sec)

6. Biar mastiin IOS yg baru itu yg akan di pake, lakuin boot system flash, caranya:

Switch(config)#boot system flash:c2960-lanlite-mz.122-44.SE1.bin (nama file IOS yg baru dimasukin)

buat memastikan setiap booting, yang akan di akses adalah IOS yang barusan kita masukin lakukan:

Switch#sh boot
BOOT path-list      : flash:c2960-lanlite-mz.122-44.SE1.bin
Config file         : flash:/config.text
Private Config file : flash:/private-config.text
Enable Break        : no
Manual Boot         : no
HELPER path-list    :
Auto upgrade        : yes
Auto upgrade path   :
NVRAM/Config file
buffer size:   65536
Timeout for Config
Download:    0 seconds
Config Download
via DHCP:       disabled (next boot: disabled)

7. terakhir, jangan lupa di save (copy running-config startup-config atau wr) trus di reload deh…

contoh:

Switch#reload

System configuration has been modified. Save? [yes/no]: y
Building configuration…
[OK]
Proceed with reload? [confirm]

 

Sekian tentang cara mengupgrade IOS.

semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: